ULTIMATUM

SEMUA SERIAL DAN FILM YANG SAYA BAHAS DAN ULAS ADALAH BENAR BENAR TELAH SAYA LIHAT DAN BUKAN HASIL DARI MENJIPLAK DARI ULASAN PIHAK LAIN - TERIMAKSIH TELAH BERKUNJUNG KE BLOG SAYA




Rabu, 30 September 2009

PRINCESS HOURS RASA YOGYAKARTA


lebaran hari yang ke 7

menikmati hari minggu- hari terakhir dalam masa liburan lebaran , saya sempatkan untuk mengunjungi keraton yogyakarta. keraton yang menjdi icon kota yogyakarta. suatu daerah istimewa yang masih memilki keraton yang masih eksis memiliki raja selain keraton solo yang juga masih aktif mengeluarkan raja terbarunya.

tujuan pertama saya adalah koleksi kereta yang berada di sisi timur alun alun keraton. menyaksikan saksi bisu sejarah kota yang telah melahirkan duplikat Gong Yoo ( aku maksudnya ). antara bahagia bisa menikmati liburan dan sengsara di sengat panasnya sinar matahari yogyakarta. hasilnya ? sungguh suatu kebanggan dan kegetiran sendiri. satu kata, tidak terawat....kotor dan sesak. antara tempat dan barang terjalin terlalu padat. tidak seperti yang saya bayangkan sebelumnya.....

tujuan kedua adalah keraton yogyakarta.
bangunan utama nya berada di belakang siti hinggil dimana terdapat banyak koleksi kerajaan yang lebih eksotis dan banyak lokasi yang enak buat dokumentasi. namun satu kata, terlalu singkat .... kenapa keraton tutup jam 2 sore....
lihatnya kaya orang ketinggalan kereta....



tiba-tiba bisikan setan di belakang kupingku berkata : kelangsungan kerajaan kota yogyakarta ini akan segera berakhir....?
pertanyaan konyol ini muncul ketika didalam keraton saya mengamati = oh oh oh...ternyata 5 anak sang raja yogyakarta adalah perempuan. bukankah kerjaan yogyakarta menganut garis keturunan laki laki ? kalo tidak punya anak laki laki-terus siapakah penerusnya kelak ? padahal Raja bersumpah bahwa dia tidak akan menikah lagi meskipun sang permaisuri tidak memberikan keturunan anak laki laki.... karena dia penganut monogami yang taat ( hm hm hm.... kalo di FB pasti dah banyak komentar dengan tanda jempol.....kak kak ka kak.....)

angan saya melayang siapakah nanti yang akan menjadi penerus kerajaan ini ?
setahu saya kerajaan yogyakarta tidak akan mengenal seorang Ratu. artinya inikah raja terakhir dari keturunan raja yang sekarang bergelar sri sultan HB X ? jika kelak dia meninggal- siapakah yang akan menggantikan jabatan raja kerajaan. tidak kah nanti akan terjadi perebutan kekuasaan ? pastinya iya. mengapa ? anak raja yang sekarang adalah 5 cewek semua. dan tidak memungkinkan akan naik tahta.....
wuahhhh seru pastinya....

solusinya ada 2 alternatif-
alternatif pertama anak pertama raja sekarang naik tahta menjadi seorang ratu. kalaupun puteri pertama sang raja bisa naik tahta maka ini adalah fenomena baru dan sejarah baru dari kerajaan yogyakarta. sebutannya jadi ratu yogyakarta... ( agak aneh... ) bukan lagi raja yogyakarta ( benarnya bagi saya gak masalah seh.....)
alternatif kedua adalah adik raja yang sekarang- naik tahta menggantikan raja yang telah wafat. persoalan juga gak bakal selesai sampai di situ ? terus permaisuri dan ke 5 anak raja yang sekarang di taruh mana ? akankah keluar dari istana ? akankah mereka rela dan ikhlas di tendang alias di usir dari kerajaan ? sepertinya secara logika mereka enggan untuk pergi, sebab statusnya juga masih bangsawan. wahhhh... sebuah drama kerajaan sangat mendebarkan... dan menarik kalo benar terjadi...



inilah Goong versi kerajaan yogyakarta. cerita drama korea dari sisi yang sebenarnya.
tapi mesti nunggu rajanya meninggal dulu... ( wuehhhh kejam nian tulisan ini.. kasar lagi.... huh.... )
itulah imajinasi saya jika raja yogyakarta yang sekarang meninggal. mirip kaya drama korea goong alias princess hours.....neng nong neng gong neng nong neng gong......

NOVEL TANPA HURUF - R -


Entah mengapa tiba tiba saya tertarik pada novel ini. padahal ini adalah novel lama yang tergeletak di sudut suatu gudang. tergeletak diantara buku buku kuliah dan segala buku yang tidak akan saya jual karena masih layak di baca.
aku buka selembar - dua lembar - tiga lembar dan seterusnya....
agak sulit mencerna kalimat demi kalimat tapi tetep saja aku baca sambil lalu.... ( karena sambil baca - sambil smsan dan fesbukan juga maksudnya....)
tertarik karena ceritanya yang agak aneh dan agak keras. kisah seorang pria yang memiliki lika liku kehidupan yang keras. memilki nasib ibunya meninggal secara trgais tenggelam di laut saat akan melarikan diri dari desanya. memiliki seorang ayah meninggal karena tertabrak mobil di depan mata kepalanya sendiri. punya kekasih keturunan tionghoa- juga mati karena kerusuhan etnis. bayangkan.....! sangat sial dan sangat tragis kisah hidupnya...sepertinya dia adalah pembawa sial...
menjadi sosok dewasa yang labil dan sakit secara mental dan pemikiran. wuahhhh.....

huruf R yang dimaksud adalah mesin ketik yang selalu dipakainya, huruf -Rnya rusak. sehingga dia selalu menghindari tulisan yang berhubungan dengan huruf -R. namun aku menangkap hal lain dalam novel ini. R- di sini menurut pemikiran saya secara pribadi menunjuk pada personal yang memang ingin di lupakan. R adalah personifikasi orang yang sangat di kasihi sekaligus di takuti sekaligus sangat di benci.
bagaimana tidak. kisah hidup dia sangat tragis , kehiduapan dia sangat memilukan dan menyakitkan. derita seperti ini bukankah akan menimbulkan trauma yang sangat panjang. itulah yang menjadi pertanyaan saya ketika selesai membacanya....


kesimpulan pribadi saya ini bisa jadi sangat bertolak belakang dengan sang empunya novel.... karena menurut saya :
R - bagi saya justru telah mengubah arah pandang hidup orang.
R - menurut saya adalah jahat yang mesti di tinggalkan.....
R - adalah orang yang telah memberikan harapan semu pada insan lain
R - adalah jiwa baru yang telah meracuni akal sehat..
pertanyaanya... sebenarnya -R itu siapa.... ?
setelah selesai membaca novel ini tiba tiba saja saya sangat membenci huruf -R.
huruf yang sebenarnya tak bersalah.
apalagi saya membenci huruf -R yang saya hubungkan adalah personifikasi juga.
dia memiliki huruf -R juga bukan kemauan dia.
tiba tiba ingin semua yang berhubungan dengan -R saya buang jauh.....
tiba-tiba saya sangat kecewa dengan - R
tiba tiba ingin membunuh -R.......

Jumat, 25 September 2009

MY TUTOR FRIEND ( 2003 )



CAST :

Kim Ha - neul
Kwon Sang Woo
Gong Yoo
Kim Ji woo



Entah kenapa saya mengulang lagi film ini untuk aku tonton yang ke 3 kali. ada rasa penasaran dan ada rasa yang berbeda ketika melihat film ini untuk yang ketiga kalinya. hubungan cinta antara guru dengan siswa kenapa menjadi suatu hal yang istimewa bagi saya. seperti yang telah saya bahas di depan. jarang sekali film korea yang menceritakan sepak terjang sekolahan dengan bumbu asmara antara siswa dengan guru. seperti I am Sam atau Hardtack teacher and star candy yang sangat bagus itu. bukankah cinta tidak mengenal jabatan ? bukankah asmara tidak mengenal strata ?




selain cerita yang saya singgung, juga pingin melihat lagi muka muka pemeran utama yang pada tahun 2003 masih kelihatan muda dan belia,. Kim Ha neul masih kelihatan segar dan chubby, Kwon Sang Woo yang masih kelihatan kencang kulitnya dan Gong Yoo meski udah berumur tapi masih kelihatan childis.... mengingatkan aku pada jaman muda dulu waktu SMA..... ( gubraaakkkk ada yang mutah darah...???? )

Kim Ha Neul berperan sebagai seorang anak penjual ayam goreng yang tidak mau membantu sang ibu karena tidak tega melihat ayam di potong potong dengan sadis. untuk menambah pendapatan keluarga selain kuliah ia mencoba menjadi seorang guru privat dengan gaji yang lumayan besar. sialnya dia mendapat seorang siswa yang sangat bandel dan sangat nakal. sudah beberapa kali ganti guru, dan semua hanya bertahan selama 3 x tatap muka alias mohon pamit karena tidak kuat menghadapi nakalnya sang anak tersebut

ada seorang anak SMA yang diperankan ( dengan maksa ) Kwon Sang Woo. kenapa maksa he ? karena sudah tidak pantas lagi jadi anak SMA. kayanya terlalu dewasa. jadi agak maklum karena memang dia anak SMA yang tinggal kelas terus. alias gak naik naik kelas.... ( yo wis ora popo.... )
selain nakal ternyata ia juga anak bungsu dari keluarga yang sangat kaya, namun karena kesibukan sang orangtua - jadilah berandalan yang tak terurus.
memilki musuh abadi yang di perankan oleh hem hem hem saya ( Gong Yoo...).
sialaaaaan ini sutradara masa saya di jadikan pecundang di film ini ? inilah jeleknya film ini... meletakkan peran Gong Yoo jadi pemeran pembantu doang. jadi peran antagonis lagi....kik kik kik tetep maksa..... ( huh...nulisnya berlebihan....)
kesabaran sang guru privat menghadapi sepak terjang sang murid inilah yang menimbulkan banyak kelucuan. banyak sekali adegan yang tak terduga. dan semua ini karena imajinasi sang guru yang berlebihan. alias ngayal yang tidak tidak....
bagaimana proses mereka bisa saling jatuh cinta tak usah di bahas pakai logika. namanya film komedi jadi logika di abaikan untuk sementara waktu. bagaimana sang siswa yang tadinya berandal berubah mau belajar dan bagaimanakah kalo berandalan mengungkapkan kata cinta ? mengalir gampang dan mudah di cerna.
bagaimanakah endingnya ? ya bisa di tebak saja kemana arah cerita nya.
apakah mereka akan menjadi sepasaang kekasih antara guru dengan murid ?


moral dari cerita ini adalah meski guru dengan murid kisah asmara bisa saja terjadi. namun dalam dunia nyata kenapa ya kok tidak seromantis dalam serial atau dalam film....? dalam dunia nyata banyak sekali aral melintang dan problematikanya. masalah usia yang jauh masalah bahan perbincangan, masalah selera yang berbeda. dan masalah kesibukan yang tidak bisa di pertemukan....
sik sik sik....#%@%&^&*^@&*
kak kak kak kak..... hmmmm hoi hoi hoi....ini ngupas film atau mau curhat ....???
maaaffff lhooo maafffff agak emosional soalnya.....





Jumat, 11 September 2009

CITY HALL


inilah kisah yang di garap secara seasalnya dan hasilnya pun juga asal-asalan...


CAST :
KIM SUN AH as Shin Mi Rae

CHA SEUNG WON as Jo Gook


sepertinya drama korea sudah tidak lagi mengalami masa emas seperti era tahun 2000-an kemarin. dimana setiap drama menampilkan cerita dan tema yang sangat beragam dan menghasilkan cerita yang sangat kompetibel dengan serial amerika yang justru semakin surut di hantam serial dari benua asia. konon publik jepang, cina, taiwan dan korea sudah tidak begitu tertarik dengan opera sabun gaya amerika, sehingga hal tersebut membuat dampak serial amerika mulai kurang di minati. alias mati suri.....


drama yang mengambil kisah tentang perebutan kekuasaan. intrik politik di balut dengan ramuan komedi justru menghambur hamburkan cerita dan durasi yang terlalu panjang di setiap episode nya. makanya jangan heran jika melihat serial ini akan mengalami kejenuhan karena cerita yang tidak berkembang secara cepat tidak fokus alias berlama lama. hingga pada episode 10 kebelakang baru di gulirkan cerita sebenarnya alias tujuan si sutradara mau di kemanakan. lha terus episode awalnya mbahas apaan haaaa..? biasalah berlebar lebar dan berpanjang panjang dengan karakter sang pemeran utama. biar ngumpluk dan berbusa busa.....


KIM SUN AH si Kim Sam soon kayanya sudah tidak memilki pesona yang menggemaskan lagi dalam serial ini. Ia berperan menjadi seorang pegawai rendahan yang bekerja secara serabutan. pokoknya kerja apa di jabanin hingga akhirnya bertemu dengan seorang wakil walikota yang menjadi debaran hatinya....
pada awalnya cinta mereka bertepuk sebelah kaki, karena derajat yang berbeda. yang wanita seorang pegawai bawahan sedangkan yang pria adalah seorang pejabat wakil walikota.
nasib sang wanita menjadi sedikit terangkat setelah dia mengikuti acara miss miss an yang diadakan di kota nelayan tersebut. kocaknya apa nama Miss nya ? ha ha ha MISS IKAN...
lumayan kocak dan menghibur karena dilaksanakan di kota perikanan maka nama miss yang dilaksanakan ya miss ikan... wagu tenan kie...!!!!
bukannya harta yang di peroleh setelah menjabat sebagai miss ikan. uang hasil hadiah yang di berikan ternyata tidak sesuai dengan yang di janjikan. uang yang di kiranya banyak ternyata cuma dapat sedikit. padahal ia sudah keluar dari kerja hanya untuk ikut miss ikan yang aneh ini. maka demolah sang miss ikan dan menuntut haknya sebagai pemenang....



kesempatan inilah yang dilakukan oleh sang pria untuk memperalat sang miss ikan untuk bekerja sama dalam menjatuhkan sang walikota. alasannya sangat sederhana, sang miss ikan telah memiliki banyak fans yang bersimpati kepadanya. sang miss ikan bagaikan mendapat durian runtuh sebab pria yang di taksirnya mau berada di sisinya dan merasa di butuhkan....
apakah sang miss ikan tahu akan intrik sang wakil walikota yang di cintai nya ? ataukah justru sang wakil walikota benar benar jatuh hati pada sang miss ikan ?


kurang menarik kan..? makanya jangan heran aku mengikuti serial ini hampir selama 2 bulan. maksudnya ? baru bisa selesai 2 bulan untuk serial sepanjang 20 episode ini.
lha kenapa ? ya saking gak bagusnya.......


REKOMEN ?
NGGAK lahhh jelek... rental aja kayanya juga rugi duit.... he he he he he

Selasa, 01 September 2009

JUST A STORY


detak - debar dalam hati - ini kadang terlalu keras
hingga tidak kusadari
debar itu justru melukai.....


antara bertahan ataukah melepaskan
antara bersabar ataukah dilupakan..
jarak yang begitu jauh terkadang sangat melelahkan.....