ULTIMATUM

SEMUA SERIAL DAN FILM YANG SAYA BAHAS DAN ULAS ADALAH BENAR BENAR TELAH SAYA LIHAT DAN BUKAN HASIL DARI MENJIPLAK DARI ULASAN PIHAK LAIN - TERIMAKSIH TELAH BERKUNJUNG KE BLOG SAYA





Rabu, 30 September 2009

NOVEL TANPA HURUF - R -


Entah mengapa tiba tiba saya tertarik pada novel ini. padahal ini adalah novel lama yang tergeletak di sudut suatu gudang. tergeletak diantara buku buku kuliah dan segala buku yang tidak akan saya jual karena masih layak di baca.
aku buka selembar - dua lembar - tiga lembar dan seterusnya....
agak sulit mencerna kalimat demi kalimat tapi tetep saja aku baca sambil lalu.... ( karena sambil baca - sambil smsan dan fesbukan juga maksudnya....)
tertarik karena ceritanya yang agak aneh dan agak keras. kisah seorang pria yang memiliki lika liku kehidupan yang keras. memilki nasib ibunya meninggal secara trgais tenggelam di laut saat akan melarikan diri dari desanya. memiliki seorang ayah meninggal karena tertabrak mobil di depan mata kepalanya sendiri. punya kekasih keturunan tionghoa- juga mati karena kerusuhan etnis. bayangkan.....! sangat sial dan sangat tragis kisah hidupnya...sepertinya dia adalah pembawa sial...
menjadi sosok dewasa yang labil dan sakit secara mental dan pemikiran. wuahhhh.....

huruf R yang dimaksud adalah mesin ketik yang selalu dipakainya, huruf -Rnya rusak. sehingga dia selalu menghindari tulisan yang berhubungan dengan huruf -R. namun aku menangkap hal lain dalam novel ini. R- di sini menurut pemikiran saya secara pribadi menunjuk pada personal yang memang ingin di lupakan. R adalah personifikasi orang yang sangat di kasihi sekaligus di takuti sekaligus sangat di benci.
bagaimana tidak. kisah hidup dia sangat tragis , kehiduapan dia sangat memilukan dan menyakitkan. derita seperti ini bukankah akan menimbulkan trauma yang sangat panjang. itulah yang menjadi pertanyaan saya ketika selesai membacanya....


kesimpulan pribadi saya ini bisa jadi sangat bertolak belakang dengan sang empunya novel.... karena menurut saya :
R - bagi saya justru telah mengubah arah pandang hidup orang.
R - menurut saya adalah jahat yang mesti di tinggalkan.....
R - adalah orang yang telah memberikan harapan semu pada insan lain
R - adalah jiwa baru yang telah meracuni akal sehat..
pertanyaanya... sebenarnya -R itu siapa.... ?
setelah selesai membaca novel ini tiba tiba saja saya sangat membenci huruf -R.
huruf yang sebenarnya tak bersalah.
apalagi saya membenci huruf -R yang saya hubungkan adalah personifikasi juga.
dia memiliki huruf -R juga bukan kemauan dia.
tiba tiba ingin semua yang berhubungan dengan -R saya buang jauh.....
tiba-tiba saya sangat kecewa dengan - R
tiba tiba ingin membunuh -R.......

1 komentar:

  1. Pak. Bolehkah saya beli bukunya? Nyari dimana-mana sudah susah. Padahal ingin sekali membaca isinya.

    BalasHapus

support and comment