ULTIMATUM

SEMUA SERIAL DAN FILM YANG SAYA BAHAS DAN ULAS ADALAH BENAR BENAR TELAH SAYA LIHAT DAN BUKAN HASIL DARI MENJIPLAK DARI ULASAN PIHAK LAIN - TERIMAKSIH TELAH BERKUNJUNG KE BLOG SAYA





Rabu, 30 September 2009

PRINCESS HOURS RASA YOGYAKARTA


lebaran hari yang ke 7

menikmati hari minggu- hari terakhir dalam masa liburan lebaran , saya sempatkan untuk mengunjungi keraton yogyakarta. keraton yang menjdi icon kota yogyakarta. suatu daerah istimewa yang masih memilki keraton yang masih eksis memiliki raja selain keraton solo yang juga masih aktif mengeluarkan raja terbarunya.

tujuan pertama saya adalah koleksi kereta yang berada di sisi timur alun alun keraton. menyaksikan saksi bisu sejarah kota yang telah melahirkan duplikat Gong Yoo ( aku maksudnya ). antara bahagia bisa menikmati liburan dan sengsara di sengat panasnya sinar matahari yogyakarta. hasilnya ? sungguh suatu kebanggan dan kegetiran sendiri. satu kata, tidak terawat....kotor dan sesak. antara tempat dan barang terjalin terlalu padat. tidak seperti yang saya bayangkan sebelumnya.....

tujuan kedua adalah keraton yogyakarta.
bangunan utama nya berada di belakang siti hinggil dimana terdapat banyak koleksi kerajaan yang lebih eksotis dan banyak lokasi yang enak buat dokumentasi. namun satu kata, terlalu singkat .... kenapa keraton tutup jam 2 sore....
lihatnya kaya orang ketinggalan kereta....



tiba-tiba bisikan setan di belakang kupingku berkata : kelangsungan kerajaan kota yogyakarta ini akan segera berakhir....?
pertanyaan konyol ini muncul ketika didalam keraton saya mengamati = oh oh oh...ternyata 5 anak sang raja yogyakarta adalah perempuan. bukankah kerjaan yogyakarta menganut garis keturunan laki laki ? kalo tidak punya anak laki laki-terus siapakah penerusnya kelak ? padahal Raja bersumpah bahwa dia tidak akan menikah lagi meskipun sang permaisuri tidak memberikan keturunan anak laki laki.... karena dia penganut monogami yang taat ( hm hm hm.... kalo di FB pasti dah banyak komentar dengan tanda jempol.....kak kak ka kak.....)

angan saya melayang siapakah nanti yang akan menjadi penerus kerajaan ini ?
setahu saya kerajaan yogyakarta tidak akan mengenal seorang Ratu. artinya inikah raja terakhir dari keturunan raja yang sekarang bergelar sri sultan HB X ? jika kelak dia meninggal- siapakah yang akan menggantikan jabatan raja kerajaan. tidak kah nanti akan terjadi perebutan kekuasaan ? pastinya iya. mengapa ? anak raja yang sekarang adalah 5 cewek semua. dan tidak memungkinkan akan naik tahta.....
wuahhhh seru pastinya....

solusinya ada 2 alternatif-
alternatif pertama anak pertama raja sekarang naik tahta menjadi seorang ratu. kalaupun puteri pertama sang raja bisa naik tahta maka ini adalah fenomena baru dan sejarah baru dari kerajaan yogyakarta. sebutannya jadi ratu yogyakarta... ( agak aneh... ) bukan lagi raja yogyakarta ( benarnya bagi saya gak masalah seh.....)
alternatif kedua adalah adik raja yang sekarang- naik tahta menggantikan raja yang telah wafat. persoalan juga gak bakal selesai sampai di situ ? terus permaisuri dan ke 5 anak raja yang sekarang di taruh mana ? akankah keluar dari istana ? akankah mereka rela dan ikhlas di tendang alias di usir dari kerajaan ? sepertinya secara logika mereka enggan untuk pergi, sebab statusnya juga masih bangsawan. wahhhh... sebuah drama kerajaan sangat mendebarkan... dan menarik kalo benar terjadi...



inilah Goong versi kerajaan yogyakarta. cerita drama korea dari sisi yang sebenarnya.
tapi mesti nunggu rajanya meninggal dulu... ( wuehhhh kejam nian tulisan ini.. kasar lagi.... huh.... )
itulah imajinasi saya jika raja yogyakarta yang sekarang meninggal. mirip kaya drama korea goong alias princess hours.....neng nong neng gong neng nong neng gong......

4 komentar:

  1. pemikiran yang konyol tapi bagus jg kok

    BalasHapus
  2. klo aq lbh setuju QSD versi jogja,ratu pertama di jogja. hidup wanita..!!!hehehe....

    BalasHapus
  3. Yiez
    - ha ha ha aku mah setuju aja dgn kamu. Tapi raja dan ratu gak akan ngaruh. Keraton yogya dah modern. Jadi gak akan se seru kerajaan inggris.

    BalasHapus

support and comment