ULTIMATUM

SEMUA SERIAL DAN FILM YANG SAYA BAHAS DAN ULAS ADALAH BENAR BENAR TELAH SAYA LIHAT DAN BUKAN HASIL DARI MENJIPLAK DARI ULASAN PIHAK LAIN - TERIMAKSIH TELAH BERKUNJUNG KE BLOG SAYA




Kamis, 01 Juli 2010

TAMANSARI THE EXOTIC CASTLE



Meski saya asli yogyakarta namun tidak sepenuhnya paham akan wisata kota Yogyakarta. Mungkin jiuka Yogyakarta  adalah seorang ibu. Maka saya adalah anak yang durhaka karena tak tahu keistimewaan dari kota yang telah memberikan saya nafas kehidupan……Beberapa waktu lalu di musim liburan saya sempatkan diri untuk melihat  tempat wisata peninggalan sejarah  yang ada di kota saya tercinta Yogyakarta…….

Destination pertama saya adalah Taman Sari – sebuah istana tempat raja raja jaman dulu untuk melepas lelah dan rekreasi dari segi mata dan nurani. He he he …. Bahasa yang aneh mengandung unsure kecurigaan ? Why.. and so what - you can say like that…? ? ?



Taman sari adalah tempat pemandian para putri putri atau para dayang dayang keraton. Konon pada saat sore hari disanalah para gadis gadis keraton dan para dayang dayang keraton melakukan olah raga renang ( busyet… jaman dulu ada olah raga gene juga ya…) Terdiri dari dua kolam yang cukup besar untuk ukuran sebuah kolam pemandian. Disisi kiri dan kanan kolam tersebut diatasnya terdapat bagunan yang menutupi dan melingkari tempat pemandian tersebut. Pada kedua ujung ( paling atas ) bangunan tersebut  terdapat ruang bilik seukuran 2x3 meter yang berjeruji kayu. Konon bilik itu tidak boleh sembarangan orang bisa masuk. Hanya para raja dan pembesar keraton yang boleh masuk dan menikmati para ikan.. eh eh.. eh…maaf para bidadari keraton yang sedang bersendau gurau dikolam. Sungguh suatu keadaan yang sangat sangat dan sangat  saya harapkan… ( maksutnya…??? )….. bisa anda bayangkan jika kamu jadi raja waktu itu ha ha ha ha. Di sebuah bilik sendirian di bawahnya bertebaran orang yang sedang mandi….. oh oh oh…. Sejuknya. Melepas lelah dan rekreasi dari segi mata dan nurani. Adem ayem berhati nyaman……..( huaaa dasaaaaarrrrrr…. otak kotor… huh….)


Taman sari bagi kalangan warga yogyakarta dimanfaatkan sebagai lokasi dokumentasi bagi mereka yang mau melakukan pemotretan pre wedding. Banyak view view menarik dan tempatnya sangat eksotis. Berjalanlah ke sisi utara taman sari dan masuk kedalam gang gang perkampungan. Dan naiklah ke istana runtuh. Dari sanalah kamu dapat melihat kota Yogyakarta dan melihat sunset ala kota Yogyakarta….untuk melihat sunset tentu saja anda harus datang pada saat sore hari.
Kemudian berjalanlah Di sisi timur berdekatan dengan rumah penduduk akan menemukan masjid bawah tanah. Sebuah mahakarya eksotis lain dari taman sari yang tidak pernah saya bayangkan sebelumnya.  Masjid yang berada dibawah tanah. Melewati lorong lorong gelap yang eksotis dan berujung pada suatu tempat terbuka berbentuk melingkar. Mirip sebuah dome kalau dilihat dari atas. Imam sholat berada tengah bangunan dan di kelilingi oleh bangunan yang berbentuk melingkar yang berlubang lubang besar seperti jendela. Masjid yang di buat seperti sebuah bangunan show . …..tempat ini juga sangat bagus dan saya rekomendasikan sebagai tempat pemotretan.
Setiap sudut bangunan taman sari adalah keindahan dan setiap bangunan dari taman sari adalah objek foto yang sangat sayang untuk di lewatkan……


Sisi kekurangn dari wisata taman sari adalah, tempat wisata tersebut berbaur menjadi satu dengan pemukiman penduduk. Kadang saya menemukan tembok sejarah dan tembok bangunan rumah penduduk bersatu mepet. Sehingga nilai historisnya jadi rancu. Kawasan kota yang sangat padat sehingga nilai historis terkalahkan oleh distorsi urbanisasi. Saya saja sangat terkejut. Ternyata tempat wisata ini berada ditengah tengah perkampungan…. Ck ..ck …ck

Taman sari the exsotic castle…… Taman sari memang menawarkan segi eksotisme dan keindahan batuan kerajaan pada masa lampau…….cek kidot…..

2 komentar:

  1. kenapa om ga sekalian poto pre wedding sama tante ?? Aku yang rias wes , ato aku yg potretin skalian ?
    Tapi sayang skali , smpe skrg aku blm tau tu letak taman sari T.T
    emang ada tempat tingginya yg bsa liat jogja keseluruhan ? Huhuhu . Pingin :(
    ke pathuk liat lampu sama bintang aja om . Seru tu !

    BalasHapus
  2. Tamansari wkt sore keren bgt bisa leat sunset. Terimakasih inpo na

    BalasHapus

support and comment